Australia Aktif Menyadap Jalur Komunikasi Indonesia

Share:

Topik Terkait

Advertisement

Asio_australian_security_intelligence

Ternyata selama ini Australia aktif menyadap semua saluran komunikasi Indonesia. Menurut harian  Sydney Morning Herald ( 31/10) Aksi spionase Negeri Kangguru ini terungkap dari sebuah dokumen  NSA yang dimuat majalah terbitan Jerman, Der Speigel pekan ini.

Kantor Kedutaan Besar Australia yang berada di Kuningan Jakarta serta kantor konsulat beberapa kota besar di Indonesia turut  menjadi pusat penyadapan jalur komunikasi di Indonesia.  Selain itu Australia juga menyadap komunikasi di Kuala Lumpur, Beijing, Tokyo, Hanoi dan Deli.

Dalam dokumen NSA ini mengatakan Australia menjalankan program yang diberi nama sandi STATEROOM, aktif dijalankan oleh DSD / Direktori Sinyal Pertahanan Australia.

Program ini dipakai untuk menyadap semua lalu lintas komunikasi di Indonesia baik, jalur internat, telpon, email, radio maupun sms. Termasuk jalur komunikasi militer Indonesia pun turut disimak oleh DSD.

Program ini merupakan hasil kerja kolaborasi Amerika dengan empat negara sekutu terdekatnya seperti Inggris, Kanada, New Zeland, dan Australia sendiri.

Pihak Der Speigel, mendapatkan bocoran dokumen dari  Edward Snowden, mantan karyawan NSA yang membelot ke Rusia. Pada dokumen ini menjelaskan Australia aktif menyimak informasi dari Indonesia, guna mencari informasi mengenai ancaman terorisme serta penyelundupan manusia.

Hingga berita ini diturunkan, pihak Australia belum memberi tanggapan resmi atas skandal penyadapan di Indonesia.

Sedangkan  pihak pemerintah Indonesia melontarkan protes keras terhadap aksi penyadapan Australia.  Menlu Marty Natalegawa  mengatakan Indonesia sama sekali tak bisa menerima skandal ini, dan mengajukan protes keras terhadap Australia.

ShareTwitterGoogle+tumblrFacebook
Advertisement
Australia Aktif Menyadap Jalur Komunikasi Indonesia | doni judian | 4.5

Kirim Komentar