Jabatan Kepala Sekolah Juga Akan di Lelang

Share:

Topik Terkait

Advertisement

lelang jabatan kepala sekolah

Pehtem.com – Dinas Pendidikan DKI Jakarta akhir tahun ini berencana mengadakan lelang jabatan kepala sekolah untuk tingkat sekolah dasar hingga sekolah lanjutan atas. Setelah sukses menggelar lelang jabatan camat dan lurah, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana mengadakan seleksi serupa untuk posisi kepala sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Taufik Yudi Mulyanto mengatakan lelang akan dilakukan secara terbuka untuk semua kalangan pendidikan di seluruh Ibu Kota. Dia juga menjamin proses seleksinya akan dilakukan secara transparan.

“Agar mendapatkan kepala sekolah sebagai leader yang lebih berkualitas. Kami mencontoh lelang camat dan lurah dan mengambil pelajaran dari sana,” kata Taufik di Balai Kota Jakarta kemarin.

Menurut Yudi, perbedaan proses lelang dengan seleksi jabatan periode sebelumnya terletak pada rekomendasi. Dulu posisi jabatan biasanya diusulkan atau direkomendasikan oleh sekolah atau pengawas.

“Nanti masa jabatan kepala sekolah paling tidak empat tahun sebelum masa pensiun di umur 60 tahun,” ujarnya. Lelang jabatan kepala sekolah terdiri atas beberapa tahapan ujian. Antara lain, ada talent mapping, tes potensi akademik, visi-misi, tes wawancara, psikotes, dan juga pemaparan yang dilakukan secara lebih akuntabel.

Di Jakarta, tercatat ada 220 SD, 289 sekolah menengah pertama, 117 sekolah menengah atas, dan 63 sekolah menengah kejuruan. Sebelumnya Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau Jokowi telah melakukan lelang jabatan camat dan lurah. Sebanyak 415 lurah dan camat hasil lelang itu telah dilantik Jokowi pada 27 Juni 2013. Di samping itu, mantan Wali Kota Surakarta tersebut berencana menggelar lelang jabatan kepala puskesmas.

ShareTwitterGoogle+tumblrFacebook
Advertisement
Jabatan Kepala Sekolah Juga Akan di Lelang | fadli | 4.5

Kirim Komentar